Selasa, 06 Oktober 2015

Psikologi Manajemen


Ø Pengertian
Pengertian  manajemen yaitu ilmu yang mempelajari bagaimana mengelolah atau mengatur sumber daya yang ada untuk memenuhi kebutuhan
Hubungan manajemen dengan psikologi adalah bahwa unsur sumber daya manusia merupakan yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan, jadi ditinjau dari berbagai faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan dan sebagainya, dapat dicapai kinerja SDM yang baik untuk produktivitas perusahaan.
Ø Organisasi
     Stoner mengatakan bahwa organisasi adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
     James D mengemukakan bahwa organisasi adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
     Chester I. Bernard berpendapat bahwa organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan oleh dua orang atau lebih
     Stephen P. Robbins menyatakan bahwa Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar, dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau sekelompok tujuan
Ø Organisasi (Industri)
     Dapat dipandang sebagai suatu sistem terbuka.
     Sistem dilingkupi oleh suatu batas sistem.

Ø Fungsi  Manajemen
1.       Planning (Perencanaan)
Proses menentukan strategi yang tepat untuk mencapai target dan tujuan organisasi/bisnis.
Contohnya menetapkan tujuan dan target bisnis, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan dan target bisnis tersebut, menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan.

2.       Organizing (Pengorganisasian)
Proses yang menyangkut bagaimana strategi yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh. Proses ini menetapkan struktur organisasi seperti perekrutan, penyeleksian dan pelatihan.
Contohnya menentukan struktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan tanggung jawab, pengrekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber daya.

3.       Directing (Pengarahan)
Proses implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak. Proses ini juga memberikan motivasi agar semua pihak dapat menjalankan tanggung jawabnya masing-masing.
Contohnya pemberian tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerrjaan, pembimbingan, pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan efisien.

4.       Controlling(Pengawasan dan Pengendalian)
Proses memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan sesuai target yang diharapkan.
Proses ini mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian target, dan mengambil langkah klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang ditemukan.
Contohnya mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target, melakukan berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan  pencapaian dan target bisnis

Ø Sumber daya
     Sumber Daya Manusia
     Sumber Daya Informasi
     Sumber Daya Fisik
     Sumber Daya Keuangan
     Sumber Daya Alam

Ø Komunikasi
Komunikasi adalah proses pengiriman informasi dari seseorang pada  orang lainnya

Informasi atau berita yang dikirim berupa fakta dan informasi, emosi, fakta bercampur emosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar