Ø Pengertian
Pengertian manajemen yaitu ilmu yang mempelajari
bagaimana mengelolah atau mengatur sumber daya yang ada untuk memenuhi
kebutuhan
Hubungan
manajemen dengan psikologi adalah bahwa unsur sumber daya manusia merupakan
yang terpenting dari ketiga modal kerja perusahaan, jadi ditinjau dari berbagai
faktor internal manusia seperti motivasi, sikap kerja, keterampilan dan
sebagainya, dapat dicapai kinerja SDM yang baik untuk produktivitas perusahaan.
Ø Organisasi
– Stoner mengatakan bahwa organisasi
adalah suatu pola hubungan-hubungan yang melalui mana orang-orang di bawah
pengarahan atasan mengejar tujuan bersama
– James D mengemukakan bahwa organisasi
adalah bentuk setiap perserikatan manusia untuk mencapai tujuan bersama
– Chester I. Bernard berpendapat bahwa
organisasi adalah merupakan suatu sistem aktivitas kerja sama yang dilakukan
oleh dua orang atau lebih
– Stephen P. Robbins menyatakan bahwa
Organisasi adalah kesatuan (entity) sosial yang dikoordinasikan secara sadar,
dengan sebuah batasan yang relatif dapat diidentifikasi, yang bekerja atas
dasar yang relatif terus menerus untuk mencapai suatu tujuan bersama atau
sekelompok tujuan
Ø Organisasi (Industri)
– Dapat dipandang sebagai suatu sistem
terbuka.
– Sistem dilingkupi oleh suatu batas
sistem.
Ø Fungsi Manajemen
1.
Planning (Perencanaan)
Proses
menentukan strategi yang tepat untuk mencapai target dan tujuan
organisasi/bisnis.
Contohnya
menetapkan tujuan dan target bisnis, merumuskan strategi untuk mencapai tujuan
dan target bisnis tersebut, menentukan sumber-sumber daya yang diperlukan.
2.
Organizing (Pengorganisasian)
Proses
yang menyangkut bagaimana strategi yang telah dirumuskan dalam perencanaan
didesain dalam sebuah struktur organisasi yang tepat dan tangguh. Proses ini menetapkan
struktur organisasi seperti perekrutan, penyeleksian dan pelatihan.
Contohnya
menentukan struktur organisasi yang menunjukan adanya garis kewenangan dan
tanggung jawab, pengrekrutan, penyeleksian, pelatihan dan pengembangan sumber
daya.
3.
Directing (Pengarahan)
Proses
implementasi program agar dapat dijalankan oleh seluruh pihak. Proses ini juga
memberikan motivasi agar semua pihak dapat menjalankan tanggung jawabnya
masing-masing.
Contohnya
pemberian tugas dan penjelasan rutin mengenai pekerrjaan, pembimbingan,
pemberian motivasi kepada tenaga kerja agar dapat bekerja secara efektif dan
efisien.
4.
Controlling(Pengawasan dan Pengendalian)
Proses
memastikan seluruh rangkaian kegiatan yang telah direncanakan dapat berjalan
sesuai target yang diharapkan.
Proses
ini mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian target, dan mengambil langkah
klarifikasi dan koreksi atas penyimpangan yang ditemukan.
Contohnya
mengevaluasi keberhasilan dalam pencapaian tujuan dan target, melakukan
berbagai alternatif solusi atas berbagai masalah yang terkait dengan pencapaian dan target bisnis
Ø Sumber daya
–
Sumber
Daya Manusia
–
Sumber
Daya Informasi
–
Sumber
Daya Fisik
–
Sumber
Daya Keuangan
–
Sumber
Daya Alam
Ø Komunikasi
Komunikasi adalah proses pengiriman
informasi dari seseorang pada orang
lainnya
Informasi atau berita yang dikirim
berupa fakta dan informasi, emosi, fakta bercampur emosi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar